Pabrik Polyethylene CAP diresmikan oleh Presiden RI

PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP), Perusahaan Petrokimia terbesar di Indonesia dan juga pabrik Polyethylene. Untuk menambah produksi Polyethylene HDPE, LLDPE dan mLLDPE, maka pada 31 Agustus 2017 yang lalu CAP telah menyetujui kontrak kerjasama dengan Toyo Engineering Corporation (TOYO) bersama PT Inti Karya Persada Tehnik (IKPT) untuk membangun pabrik Polyethylene dengan kapasitas total 400.000 ton/tahun. Lokasi pabrik di Cilegon, Banten, di ujung barat Jawa. Kini pabrik tersebut telah rampung lebih cepat 2 (dua) bulan dari jadwal yang ditetapkan, dan telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, bapak Joko Widodo pada Jumat, tanggal 6 Desember 2019.

Presiden Direktur Chandra Asri, Bapak Erwin Ciputra pada peresmian tersebut mengatakan, bahwa dengan pabrik baru Polyethylene ini nantinya akan memproduksi Polyethylene atau biji plastik dengan kapasitas 400.000 TPY, maka dengan tambahan produksi ini  total produksi keseluruhan pabrik Polyethylene Chandra Asri menjadi 736.000 TPY.  Alasan penambahan kapasitas produksi tersebut karena pesatnya pertumbuhan Indonesia menyebabkan naiknya kebutuhan akan bahan baku seperti Polyethylene (PE). Dengan beroperasinya pabrik baru polyethylene ini , negara juga bisa menghemat devisa 8 trilliun pertahun.

Sejalan dengan ini, Bapak Jokowi juga mengatakan pengoperasian pabrik ini merupakan bagian industri petrokimia yang bisa menekan kegiatan impor, sehingga beliau memastikan pemerintah akan memberikan ruang kemudahan untuk pengembangan industri ini.

Dalam peresmian ini, Bapak Jokowi ditemani Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasamita, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan dari TOYO-IKPT yang hadir adalah Unit Director of Plant Business Unit Toyo Engineering Mr. Eiji Hosoi, CEO IKPT Mr. Yasuhiro Hime, Project Manager Toyo Korea Mr. Sang Ho Lee, General Manager Toyo Representative Indonesia Mr. Fumitaka Shintsu, Project Director IKPT Shigetoshi Nakata dan Project Manager IKPT Bpk. Herfandi.

Diresmikannya proyek ini bukan saja kebanggaan bagi CAP tapi kebanggaan bagi TOYO dan IKPT sebagai kontraktor yang membangun proyek ini tanpa kecelakaan kerja.

Christina Sondang