PLTBm Siberut Diresmikan

IKPT telah berhasil menyelesaikan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Biomassa (PLTBm) Terpadu Siberut dan serah terima proyek sudah dilakukan pada 13 Juli 2018 di kantor MCA-I Jakarta.  PLTBm Siberut adalah salah satu proyek yang didanai oleh Millennium Challenge Corporation Compact (MCC) bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, melalui Millennium Challenge Account Indonesia (MCA-I).

Proyek ini memberi pasokan listrik sebesar 700 kW yang kemudian akan mampu melayani 1.181 Rumah Tangga yang terletak di 3 desa yaitu adalah Saliguma, Madobag dan Matotonan Pulau Siberut, Sumatera Barat.

  • Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Saliguma memiliki kapasitas 250kW, didukung oleh 2 unit Gasifier WBG-200, 1 unit Gasifier WBG-100 dan 4 unit Gas Engine Generator.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Madobag memiliki kapasitas 300kW, didukung oleh 3 unit Gasifier WBG-200, dan 4 unit Gas Engine Generator.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Matotonan memiliki kapasitas 150kW, didukung oleh 1 unit Gasifier WBG-200, 1 unit Gasifier WBG-100 dan 2 unit Gas Engine Generator.

Proyek ini telah diselesaikan dengan sukses dan juga dapat meraih “kept safe man hours” sampai selesai dengan “zero accident”.

Pada 17 September 2019 proyek ini diresmikan oleh Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BPPN) / Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro dengan ditandatanganinya prasasti peresmian PLTBm.  Dalam salah satu sambutannya, beliau menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat yang sudah lama menanti adanya listrik di wilayah ini. Proyek ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah pusat terhadap daerah terdepan dan terluar Negara Republik Indonesia.   Ucapan selamat dan terima kasih disampaikan oleh Bapak Menteri kepada tim hibah MCC di Kementerian PPN/Bappenas, Pemerintah Daerah Mentawai, PLN Sumatera Barat dan kontraktor yang terlibat dalam perencanaan dan pembangunan PLTBm di ketiga desa, yaitu PT Charta Putra Indonesa, PT IKPT dan PT Ekologika”.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat – Bpk. H. Nasrul Abit, Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat – Bpk. Yudas Sabaggalet, Direktur Bisnis Regional Sumatera – Bpk. Wiluyo Kusdwiharto, Direktur Utama PT. Charta Putra Indonesia – Bpk. Jaya Wahono sebagai Pelaksana, Direktur Utama PT Inti Karya Persada Tehnik – Bp. Yasuhiro Hime dari pihak kontraktor.

Dengan telah diresmikannya PLTBm Siberut, ini merupakan suatu kebangaan bagi IKPT mendapatkan kesempatan berkarya membangun proyek pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) selain itu pula pembangunan PLTBm di Pulau Siberut merupakan konsep listrik pedesaan berbasis kemasyarakatan pertama di Indonesia dengan berbahan baku bambu yang dapat memberi pasokan energy listrik dan menaikkan rasio elektrifikasi kepulauan Mentawai dari 55% menjadi 61% bagi masyarakat lokal yang berada di “remote area” di Pulau Siberut.

PT IKPT berkomitmen ingin lebih banyak lagi memiliki pengalaman dalam pengembangan infrastruktur energi terbarukan yang direncanakan oleh Pemerintah Indonesia dan akan selalu siap untuk terus dapat berkarya menyediakan dan membangun layanan pengembangan infrastruktur lokal di “remote area” dan pulau-pulau terdepan dan terluar di Republik Indonesia.

Christina Sondang