Groundbreaking PLTP Dieng

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Small Scale 10 MW kembali dibangun oleh PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng.

Peletakan batu pertama pembangunan fasilitas tersebut dilakukan Kamis (6/2/2020) di Desa Sikunang Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo.

Doa bersama dan potong tumpeng yang dihadiri managemen PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng, kontraktor, dan pemangku jabatan di wilayah Kecamatan Kejajar, Wonosobo menjadi salah satu agenda dalam peletakan batu pertama pembangunan fasilitas tersebut.

Pada 10 Juli 2019 lalu  pelaksanaan peletakan batu pertama (groundbreaking) telah dilakukan. PT Inti Karya Persada Tehnik (IKPT) kembali terpilih untuk melakukan perkembangan dengan nilai investasi proyek mencapai 21 juta dolar dari pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) yang juga merupakan BUMN di bawah Kementerian Keuangan.

Direktur Operasional dan Pengembangan Niaga PT Geo Dipa Energi (Persero) Dodi Herman mengatakan, “Kini progres akumulatif pekerjaan proyek PLTP Small Scale terhitung 31 Januari 2020 telah mencapai 25.61% dari keseluruhan tahapan baik engineering, procurement, construction dan commissioning.”

Proyek yang ditargetkan beroperasi secara komersial di akhir tahun 2020 ini, menurut Dodi merupakan langkah konkret Rencana Jangka Panjang PT Geo Dipa Energi (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor panas bumi.

“Harapannya dengan Proyek Small Scale 10 MW ini juga dapat mampu meningkatkan kapasitas PLTP terpasang masing-masing 60 MW dengan rangkaian target rencana pengembangan operasional perseroan hingga 270 MW di tahun 2023 mendatang,” paparnya.

Christina Sondang