Indonesia Berduka

Bencana alam melanda bumi Indonesia Bagian Timur di daerah Nusa Tenggara Barat pada Minggu, 5 Agustus, pukul 18.46 WIB  gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter ini menghancurkan ratusan bahkan ribuan rumah penduduk di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara dan tempat yang terparah berada di daerah Lombok Utara yang meruapakan pusat titik gempa.

Bencana ini menelan banyak korban. Jumlah yang meninggal di Kabupaten Lombok Utara adalah 65 orang, Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Lombok Timur 2 orang dan  Kota Mataram 4 orang.

Duka ini membuat seluruh daerah di Indonesia berempati dan serentak memberikan bantuannya  ke seluruh Lombok. Begitu juga IKPT turut berempati dengan kejadian ini dan mencari informasi ke posko-posko yang ada di Lombok.

IKPT bergerak melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dengan mengirim 2 (dua) orang perwakilannya ke Lombok untuk memberikan donasinya secara langsung.  Lokasi yang dipilih adalah di Lombok Utara, mengingat lokasi ini adalah daerah yang terparah saat gempa berlangsung.

Donasi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, yakni Suku Sasak di  Dusun Kopang, Desa Medana, Kecamatan Lombok Utara. Donasi diterima langsung oleh Kepala Desa Medana – Bpk. H. Umar Kholid.  Donasi yang terkumpul ini bersumber dari IKPT dan partisipasi Karyawan IKPT yang begitu berempati terhadap masyarakat Lombok.

Keadaan yang cukup memprihatinkan, semua rumah hancur rata dengan tanah, yang tertinggal hanyalah puing-puing retuntuhan dari ribuan rumah yang runtuh. Selain itu sulitnya mendapatkan air bersih, belum ada pasar yang memulai berjualan.

Desa Medana ini terakhir mendapat bantuan pada tanggal 25 Agustus 2018 dan saat IKPT memberikan donasinya pada tanggal 15-16 September 2018, inilah donasi pertama setelah Agustus yang lalu.  Kebahagian terpancar dari wajah-wajah Suku Sasak saat menerima donasi IKPT.

Christina Sondang