Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro di Sumut memasuki tahap Peletakan Batu Pertama (Ground Breaking)

Ground breaking Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTM) milik PT. Citra Multi Energi (CME) telah dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2018. PLTM ini berkapasitas 2×5 MW, terletak  di Sungai Aek Sumonggo,  Desa Sionom Hudon Selatan, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.  Hadir dalam acara  ground breaking tersebut Bapak Bupati Humbang Hasundutan yang diwakili Sekda Drs. Tonny Sihombing, M.IP serta seluruh stake holder serta masyarakat setempat. Konsorsium IKPT-MA dipercaya sebagai kontraktor Civil dan Metal Work sekaligus sebagai koordinator pelaksanaan Proyek EPC yang berdurasi 18 bulan. Proyek ini menggunakan system closed channel dengan mendatangkan pipa GRP dia. 3 M dari Norwegia. Untuk menjaga reliability plant, CME menggaet partner Toyo Energy dari Japan dan Chodai Consultan yang sudah berpengalaman di Pembangkit Mini Hydro.

Proyek ini mendapat dukungan dari pemerintah Jepang dengan menggunakan schema JMC (Japan Crediting Mechanism), dimana CME yang berpartner dengan  Toyo Energy ini dinilai telah melakukan proyek yang ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon.

Listrik yang dihasilkan oleh pembangkit tersebut akan dipasok ke Perusahaan Listrik PLN dan diharapkan Proyek ini  bisa berkontribusi untuk meningkatkan roda perekonomian di wilayah tersebut.

Bagi IKPT, ini akan melengkapi referensi Proyek New & Renewable Energy, setelah menyelesaikan Geothermal, Photovoltaic dan Biomass Power Plant.

Christina Sondang